Media Tanam Hidroponik yang Mudah dan Murah

Media Tanam Hidroponik yang Mudah dan Murah – Bagi anda yang saat ini sedang memulai atau sudah melakukan penanaman atau berkebun dengan sistem hidroponik.

Advertisement

Namun dalam penanaman hidroponik tersebut anda harus mengetahui teknik yang benar dan pemilihan media tanam yang tepat untuk tanaman yang anda pilih tersebut.

Pasalnya tanaman yang di tanam dengan hidroponik tersebut harus mendapatkan perawatan yang benar-benar intens agar tidak mudah terserang berbagai penyakit tanaman.Media Tanam Hidroponik yang Mudah dan Murah

Media tanam hidroponik yang mudah dan murah biasa anda pilih agar tanaman anda bisa berdiridengan tegak pasalnya media tanam hidroponik berguna untuk menyokong akar dan memberikan kelancaran dalam pengaliran nutrisi untuk menuju ke akar tanaman.

Dengan begitu anda harus mengetahui media tanam yang harus anda gunakan dan cocok dengan tanaman yang anda tanam tersebut anda bisa memilih media tanam hidroponik yang mudah dan murah namun anda juga harus mengetahui media tanam apa saja yang bisa cocok dengan tanaman hidroponik.

Advertisement
  1. Pasir
    Media tanam hidroponik yang mudah dan murah dengan pasir ini sangat mudah dan murah bahkan bisa gratis untuk anda dapatkan di sekitar rumah anda, namun dalam menggunkan media tanam pasir tersebut sebelum digunakan bersihkan terlebih dahulu agar tidak mengandung bibit penyakit yang mempengaruhi pertumbuhan tanaman anda.
  2. Sekam
    Media tanam hidroponik yang mudah dan murah dengan sekam ini merupakan salah satu media tanam yang banyak digunakan untuk menanam tanaman hias atau sayuran di rumah, selain memiliki daya tanam yang bagus sekam tersebut sangat mudah untuk anda dapatkan dan murah. Sekam ini tidak hanya baik untuk penanaman dengan teknik konvensional namun juga baik untuk sistem hidroponik.
  3. Batu Apung
    Batu apung ini dipercaya sebagai media tanam yang sangat baik karena sifatnya mirip dengan perlite yang berguna untuk membantu aerasi atau sirkulasi udara pada akar tanamana anda tersebut. namun untuk mendapatkan batu apung ini anda harus membelinya denga harga yang masih cukup terjangkau.
  4. Stereofoam
    Untuk mendapatkan stereofoam ini anda bisa mencarinya dari bekas pembungkusan barang elektronik, namun sebelum digunakan sebaiknya hilangkan terlebih dahulu kandungan styrene yang  bisa merusak tanaman anda bahkan bisa mengganggu kesehatan manusia.
  5. Batu Kerikil
    Dengan bahan yang digunakan untuk membuat media tanam yang membutuhkan drainase yang baik maka dipilihlah batu kerikil yang memiliki sifat menahan air yang baik.
  6. Pecahan Genteng
    Pecahan genteng ini sifatnya memang sama dengan batu kerikil yang membantu sistem drainase, namun sebelum digunakan sebaiknya anda bersihkan terlebih dahulu karena memiliki kandungan pH. Pecahan genteng ini merupakan media tanam hidroponik yang mudah dan murah.

Dengan mengetahui beberapa media tanam hidroponik yang mudah dan murah akan membantu anda untuk membuat kebun atau pekarangan yang  menggunakan sistem hidroponik yang saat ini sudah digemari banyak orang terutama yang tinggal di daerah perkotaan.

Advertisement
Media Tanam Hidroponik yang Mudah dan Murah | admin | 4.5