Menanam Cabe Hidroponik Dengan Sistem Wick

Menanam Cabe Hidroponik Dengan Sistem Wick – Dengan perkembangan ilmu biologi khususnya tanaman yang semakin meningkat, saat ini menanam cabe hidroponik tidak perlu menggunakan lahan yang cukup luas seperti di swah atau kebun, namun anda bisa menanam cabe di pekarangan rumah anda yang bisa anda pantau setiap hari.

Advertisement

Namun saat ini sudah berkembang dengan menanam cabe hidroponik dengan sistem wick ini akan menjadi solusi bagi ada yang tidak memiliki lahan yang cukup untuk bercocok tanaman.

Pasalnya menanam cabe hidroponik dengan sistem wick ini tidak memerlukan media tanah melainkan menggunakan sistem wich yang bisa menggunakan bahan-bahan bekas yang ada di rumah anda.Menanam Cabe Hidroponik Dengan Sistem Wick

Bahan yang bisa anda gunakan untuk menanam cabe hidroponik dengan sistem wick tersebut melainkan pot untuk media penanaman cabe hidroponik, namun tidak harus menggunakan pot yang bisa di siasati dengan menggunakan ember bekas cat atau bisa menggunakan wadah bekas larutan nutrisi yang terpenting wadahnya cukup luas.

Bahan lainnya untuk mendukung penanaman cabe hidroponik tersebut ialah dengan kain flannel atau sumbu yang biasa digunakan untuk kompor dan juga stereofoam.

Dalam teknik yang digunakan untuk menanam cabe hidroponik tersebut tidak terlalu sulit, anda akan dipandu dalam teknik menanam cabe hidroponik dengan sistem wick di bawah ini :

Penyiapan Pot

Advertisement

Untuk menanam cabe hidroponik dengan sistem wick tersebut harus dibutuhkan sebuah pot yang cukup besar dengan ukuran diameter 20-30 cm, selain itu juga pot yang digunakan harus terdapat lubang dibagian bawah dan sampingnya.

Setelah itu di bagian bawah pot tersebut diberikan kain flannel yang hingga menyentuh cairan nutrisi yang sudah di tempatkan di wadah yang lain.

Penyiapan Media Tanam

Dalam media tanam ini harus diperhatikan denga benar agar cabe bisa tumbuh dengan baik, bahan media tanam yang biasa digunakan ialah seperti dengan campuran cocopeat dan arang sekam dengan perbandingan yang tepat yakni 1:1 dan campur dengan mengaduknya secara merata.

Penyiapan Benih Cabe

Yang perlu diperhatikan untuk menanam cabe hidroponik dengan sistem wick ini sebaiknya menggunakan bibit cabe yang sudah siap tanaman atau sudah disemai sebelumnya.

Penyiapan Larutan Nutrisi

Larutan nutrisi ini untuk memberikan perangsangan terhadap bibit cabe agar tumbuh dengan cepat dan tidak mudah layu.

Dengan begitu anda bisa menggunakan stereofoam yang sudah dilubangi untuk menyangga agar pot cabe tersebut tidak tercelup semuanya di dalam wadah larutan nutrisi tersebut. untuk larutan bisa anda dapatkan di beberapa toko pertanian yang tersedia.

Penanaman Cabe Hidroponik

Setelah wadah, benih dan larutan nutrisi sudah siap, maka untuk saat ini waktunya untuk penanaman cabe hidroponik ke media tanam yang pertama basahi kain flannel dengan larutan nutrisi, selanjutnya media tanam anda masukkan ke pot yang sebelumnya sudah dipasangi dengan kain flannel atau sumbu.

Selanjutnya mulai tanam bibit cabe ke media tanam dan taruhlah pot yang sudah tertanam cabe hidroponik tersebut di luar rumah agar menerima cahaya matahari.

Nah begitu tadi cara menanam cabe hidroponik dengan sistem wick dan adapun cara merawat tanaman cabe hidroponik tersebut dengan cara periksa kelembapan tanah dan sering-sering siram jika tanah cepat kering, selain itu juga periksa larutan nutrisi agar tetap membasahi kain flannel.

 

Advertisement
Menanam Cabe Hidroponik Dengan Sistem Wick | admin | 4.5