Menanam Tanaman Hias Menggunakan Media Air

Menanam Tanaman Hias Menggunakan Media Air – Media tanam menggunakan air merupakan salah satu cara menanam tanaman hias, sayuran atau tanaman herbal yang tidak menggunakan tanah melainkan menggunakan media air.

Advertisement

Hal tersebut meerupaakan salaah satu solusi menanam tanaman yang tidak membutuhkan lahan yang terlalu luas, bahkan bisa anda lakukan di pekarangan rumah.

Menanam tanaman dengan media air sangat cocok bagi anda yang tinggal diperkotaan dan tidak suka dengan tanah karena takut kotor, maka media air ini akan memberikan kesempatan bagi anda yang berkeinginan untuk menanam tanaman hias di dalam ruangan.Menanam Tanaman Hias Menggunakan Media Air

Yang perlu anda ketahui menanam tanaman dengan media air ini biasa dikenal dengan hidroponik, alasan mereka menggunakan media tanam dengan air ini karena lebh simple, tidak terlalu banyak perawatan dan lebih tahan dengan hama atau penyakit tanaman lainnya.

Biasanya seseorang yang hobi bertanam tanaman hias dan ingin menanam tanaman dengan media air tersebut dan ditaruh di dalam ruangan tertentu seperti di dalam ruang tau, kamar tidur, atau di ruang kerja anda maka tidak perlu takut ruangan anda kotor dengan tanah.

Banyak orang yang menanam tanaman dengan media air ini yang di padukan dengan botol atau menggunakan pot yang terbuat dari beling.

Namun sebenarnya wadah yang digunakan untuk menanam tanaman dengan media air tersebut bermacam-macam tergantung selera dan keindahan di dalam ruangan anda, yang terpenting wadah yang digunakan untuk tempat air dan menanam tanaman tersebut bisa menyangga batang tanaman sehingga tidak mudah roboh.

Advertisement

Untuk tips memilih wadah atau botol yang tepat untuk menanam tanaman dengan media air tersebut menggunakan botol yang berwarna gelap sehingga cahaya tidak bisa menembus air dan akar di dalam botol yang bertujuan agar tidak mudah ditumbuhi lumut.

Bagi anda yang masih awam dengan cara menaman dengan media air tersebut bisa mengikuti langkah-langkah dibawah ini.

  1. Siapkan wadah yang tepat dengan berwarna gelap untuk menanam tanaman hias.

  2. Sebelum anda masukan air kedalam botol tersebut terlebih dahulu isi dengan batu-batuan dan pasir untuk menahan akar agar berdiri tegap.

  3. Tambahkan sedikit arang di dalam botol yang di campur dengan batu-batuan tadi agar air di dalam tetap jernih dan tidak mudah bau.

  4. Air yang akan di masukkan ke dalam botol sebaiknya di campur dengan larutan nutrisi.

  5. Selanjutnya memilih tanaman hias dan saat menanamnya batangnya di potong terlebih dahulu dan pilih tanaman yang sudah tumbuh akarnya.

  6. Akar yang sudah tumbuh banyak tersebut sebaiknya di cuci bersih agar tidak mengotori air di dalam botol dan daun yang sudah mati sebaiknya dipotong dan masukkan ke dalam botol yang sudah di isi air campuran nutrisi tersebut.

  7. Untuk perawatannya yang harus dilakukan ialah mengganti larutan dalam 4 hingga 6 minggu sekali atau jika sudah tumbuh lumut sebaiknya anda mengganti larutan nutria tersebut agar tidak mengganggu tanaman untuk tumbuh.

Demikian langkah-langkah menanam tanaman dengan media air yang bisa anda lakukan, tanaman yang cocok untu di tanam dengan media air tersebut seperti Aglaonemas, Dieffenbachia, English ivy, Philodendron, Pothos.

Advertisement
Menanam Tanaman Hias Menggunakan Media Air | admin | 4.5