Merawat Dinding Tanaman Hidup Dalam Ruangan

Merawat Dinding Tanaman Hidup Dalam Ruangan – Tanaman saat ini memiliki fungsi lebih selain untuk menyegarkan lingkungan serta membuatnya lebih hijau. Terlebih untuk daerah perkotaan yang semakin minim lahan hijau banyak orang berinovasi agar tetap bisa memiliki tanaman untuk mendapatkan udara yang lebih segar.

Advertisement

Sekaligus sebagai sebuah hiasan untuk mempercantik ruangan salah satunya dengan menyulap dinding menggunakan tanaman hidup yang diletakkan di dalam ruangan.

Untuk tanaman yang digunakan sendiri umumnya merupakan jenis tanaman yang merambat namun ada juga beberapa jenis tanaman lain yang cocok untuk dinding tanaman hidup.Merawat Dinding Tanaman Hidup Dalam Ruangan

Bagi anda yang sudah memiliki tanaman tersebut haruslah selalu dirawat dengan baik setiap harinya agar tetap tumbuh subur, tidak layu, dan semakin mempercantik ruangan anda.

Untuk merawat tanaman tersebut juga tidak boleh sembarangan, beberapa detail harus diperhatikan agar hasil yang didapatkan nantinya sesuai dengan yang diharapkan. Berikut tips merawat dinding tanaman hidup dalam ruangan :

  1. Perhatikan Pencahayaan

Tips merawat dinding tanaman hidup dalam ruangan pertama, apabila tanaman anda terletak di dekat jendela usahakan untuk mengatur jaraknya sekitar 25 cm. Ini agar semua bagian tanaman bisa merata mendapatkan asupan cahaya serta terus lakukan rotasi secara berkala tiap harinya dari sisi satu ke sisi yang lainnya untuk yang menghadap ke sinar matahari langsung.

Advertisement

Sedangkan pada dinding tak terletak didalam ruangan jauh dari jendela pasti akan kurang mendapatkan cahaya matahari namun anda dapat menyiasatinya dengan menggunakan lampu khusus yakni LED Plant Growth agar tanaman bisa terus melakukan fotosintesis.

  1. Perhatikan Penyiraman

Tips merawat dinding tanaman hidup dalam ruangan selanjutnya, bercocok tanam yang baik umumnya menggunakan media tanam dengan takaran kandungan air yang pas agar tidak terlalu lembab maupun becek.

Untuk hal itu bisa menggunakan media tanam jenis porous yang terdiri dari sabut kelapa, sekam bakar, dengan ditambahkan pupuk kandang serta humus dengan diolah terlebih dahulu agar tidak berbau.

Untuk penyiraman sendiri harus diperhatikan jenis tanaman sebab ada beragam karakter tanaman baik yang tahan dengan kondisi kering ataupun yang membutuhkan banyak air.

  1. Perhatikan Hama Tanaman

Tips merawat dinding tanaman hidup dalam ruangan terakhir yang perlu diperhatikan adalah kondisi tanaman. Resiko dalam bercocok tanam adalah kondisi tanaman yang rusah seperti layu, kering, hingga mati.

Salah satu penyebab hal tersebut adalah adanya hama tanaman yang beraneka jenis mulai dari jamur, ulat, virus, ataupun karena serangga perusak yang umumnya terjadi pada bagian daun tanaman.

Ancaman tersebut dapat dihindari dengan membersihkan bagian tanaman mulai dari debu yang menempel baik pada bagian atas daun maupun bawah daun.

Untuk mendapatkan daun yang lebih mengkilap anda dapat mengolesnya dengan menggunakan kain kering yang ditambahkan dengan cairan susu.

Demikian tips merawat dinding tanaman hidup dalam ruangan yang semoga bisa menambah wawasan anda. Dengan mengetahui cara merawat tanaman anda tak perlu ragu lagi untuk mencoba membuat lingkungan anda lebih hijau dan segar. Anda hanya butuh ketelatenan untuk menawat tanaman yang sebenarnya hal itu mudah dilakukan. Selamat mencoba.

 

Advertisement
Merawat Dinding Tanaman Hidup Dalam Ruangan | admin | 4.5