Panduan Lengkap Budidaya Pisang kepok

Panduan Lengkap Budidaya Pisang kepok – Pisang, merupakan salah satu jenis buah yang menyimpan banyak sekali manfaat bagi tubuh. Selain rasanya yang lezat, pisang juga masuk ke dalam kategori tumbuhan yang mudah dibudidayakan.

Advertisement

Salah satu jenis pisang yang baik di konsumsi ialah jenis pisang kepok. Anda dapat mencoba panduan budidaya pisang kepok berikut ini agar proses budidaya dapat berhasil dan andapun mendapatkan buah pisang yang berkualitas, tentunya dari hasil panen anda sendiri.

Panduan budidaya pisang kepok yang pertama ialah tentang pembibitan. Cara terbaik untuk budidaya pisang kepok ialah degan menggunakan metode vegetatif yakni dengan mempergunakan tunas atau anakan dari tumbuhan pisang kepok. Bibit tunas yang paling disarankan ialah yang memiliki tinggi 1 hingga 1,5 meter.Panduan Lengkap Budidaya Pisang kepok

Agar hasil buahnya memuaskan, pilihlah bibit dari tunas pisang kepok yang memiliki kualitas baik dan berbuah lebat.

Panduan budidaya pisang kepok menyarankan agar anda mencari bibit yang sudah agak besar dan berumur serta mempunyai bonggol yang berisi tempat cadangan makanannya. Pilhlah bibit dengan daun yang masih tergulung karena untuk kategori bibit itu lebih baik.

Panduan Lengkap Budidaya Pisang kepok

Yang selanjutnya menjadi panduan budidaya pisang kepok ialah tentang cara mengolah media tanamnya. Anda harus benar-benar memperhatikan yang satu ini jika menginginkan tanaman pisang kepok anda dapat berbuah lebat.

Advertisement

Sebelum lahan ditanami pisang kepok, anda harus memberantas hama, gulma, semak belukar, rumput dan menyuburkan tanah. Tak kalah penting, anda juga harus membuat selokan untuk air. Pada batas sengkedam akan lebih baik anda tanami tumbuhan lamtoro agar mencegah erosi tanah.

Panduan budidaya pisang kepok berikutnya tentang bagaimana menanam pisang kepok dengan baik dan benar. Upayakan jarak antar bibit sedikit lebih lebar, jadi pada 3 bulan pertama dapat menerapkan konsep tanam lorong atau tumpang sari antar tanaman.

Menyiapkan Bibit Dan Lubang Tanam

Sedangkan, pada lubang tanamnya, buatlah ukuran 50x50x50 cm apabila medium tanamnya termasuk dalam kategori berat. Namun, jika gembur, lubangnya dapat anda buat dengan ukuran 30x30x30 cm. Jarak antar tanaman pisang 3×3 meter.

Anda juga harus memberikan suplai pupuk kandang pada lubang, sebelum pisang kepok di tanam disana. Kurang lebih 20 kg pupuk. Untuk memeliharanya, anda harus rutin memberikan pupuk seperti: urea, super fosfat, KCI dan batu kapur. Proses pemupukan ini dapat anda lakukan pada 6 bulan setelah tanaman ditanam.

Dengan bantuan dari panduan budidaya pisang kepok tersebut, anda akan mendapatkan hasil pisang yang berkualitas. Selain itu, anda juga harus memperhatikan tanaman pisang miliki anda. Jika terdapat hama atau gulma, segera berantas.

Baca Juga: Tips Budidaya Pisang di Lahan Sempit untuk Pemula

Selain metode penanaman yang tepat, anda juga harus rutin mengunjungi lahan yang anda tanami pisang kepok tersebut.Seperti yang telah kita ketahui,jika pisang kepok merupakan pisang paling banyak di cari oleh banyak orang dan tergolong memiliki harga mahal.Tak ada salahnya jika mulai sekarang kita membudidayakan jenis pisang ini.sekian Panduan Lengkap Budidaya Pisang kepok semoga bisa berguna..salam..

Advertisement
Panduan Lengkap Budidaya Pisang kepok | admin | 4.5