Panduan Lengkap Cara Menanam Cabai Dalam Pot

Panduan Lengkap Cara Menanam Cabai Dalam Pot – Mengingat seberapa pentingnya cabai bagi kebutuhan untuk masakan dapur anda, dan sekarang ini harga cabai juga sering sekali mengalami peningkatan sedangkan untuk pemasukan keuangan sendiri semakin terhimpit pula untuk kebutuhan yang lainnya.

Advertisement

Selintas mungkin anda akan mengira bahwa menanam cabai harus memiliki lahan tanah yang cukup untuk medianya. Lalu bagaimana jika anda yang tinggal di perkotaan atau mungkin yang tidak memiliki lahan tanah kosong yang bisa ditanami coba?Panduan Lengkap Cara Menanam Cabai Dalam Pot

Nah, sekarang anda tidak perlu bingung karena menanam cabai tidak hanya bisa dilakukan di lahan saja, namun bisa dengan menggunakan media pot. Dengan begini anda bisa menanamnya di sekitar rumah anda bukan? Disini akan dijelaskan secara lengkap bagaimana cara menanam cabai dalam pot:

Advertisement

Panduan Lengkap Cara Menanam Cabai Dalam Pot

  1. Langkah pertama yang perlu anda lakukan adalah mempersiapkan kebutuhan untuk menanam cabai seperti bibit cabai, media yaitu pot, tanah beserta pupuk.
  2. Setelah semua siap, anda harus melakukan pembibitan atau penyemaian bibit cabai sebelum ditanam didalam pot.simak juga 6 Manfaat Cabai Yang Harus Anda Ketahui
  3. Setelah penyemaian bibit cabai sudah siap dipindahkan dalam pot, siapkan pot yang sudah ada dan isi dengan media tanah yang dicampur dengan pupuk kompos dengan perbandingan 2:1. Anda juga bisa menambahkan pupuk arang sekam, atau sekam padi dengan takaran setengahnya dari tanah.
  4. Setelah tanah yang dicampur dengan pupuk sudah siap, masukkan ke dalam pot sampai rata.
  5. Kemudian berikan lubang kurang lebih 7 cm untuk bibit cabai.
  6. Masukkan bibit ke dalam lubang yang sudah disiapkan dan tutup dengan tanah ataupun kompos halus.
  7. Jangan lupa untuk memberikan penopang pohon cabai agar nantinya saat sudah tumbuh semakin besar tidak akan mudah roboh.
  8. Setelah cabai sudah ditanam semua dalam pot, jangan lupa untuk memberikan siraman air sedikit agar menjaga suhu lembabnya.
  9. Usahakan untuk menanam cabai yang dipindahkan dari penyemaian ke dalam pot pada saat sore hari agar terhindar dari panasnya terik matahari.
  10. Setelah semua selesai, lakukan perawatan dengan cara menyiram tanaman cabai dalam pot setiap pagi dan sore dengan kelembapan sedang agar cabai tidak hanyut karena kebanyakan air.
  11. Kemudian anda juga bisa menambahkan pupuk setelah cabai berusia sekitar 1 bulanan. Dan lakukan pemupukan setiap sebulan sekali sampai saat masa panen telah tiba agar cabai tumbuh dengan baik.

Itulah beberapa langkah yang bisa anda lakukan untuk menanam cabai didalam pot. Sangat mudah untuk dilakukan bukan? Dan dengan begitu, untuk memenuhi kebutuhan pokok untuk bumbu dapur anda tidak perlu repot lagi harus mengeluarkan uang untuk membeli cabai. Itu juga akan membantu menghemat keuangan keluarga anda.demikian dan jangan lupa baca juga Cara Pembibitan Segala Jenis Tanaman Cabai

Advertisement
Panduan Lengkap Cara Menanam Cabai Dalam Pot | admin | 4.5