Pemeliharaan Tanaman Cabai Harian

Pemeliharaan Tanaman Cabai Harian – Ketika anda sudah menanam cabai tentunya memerlukan perawatan dan pemeliharaan tanaman cabai harian atau bulanan. Salah satunya untuk para anda ibu rumah tangga atau para petani pemula yang ingin membudidayakan cabai..

Advertisement

Jangan bingung dan jangan resah ketika tanaman-tanaman cabai anda sudah mulai tumbuh subur dan berkembang. Salah satunya adalah melakukan pemeliharaan tanaman cabai harian diantaranya:

Penyiraman Cabai Harian

Langkah awal dalam melakukan pemeliharaan tanaman cabai adalah dengan melakukan penyiraman pada tanaman-tanaman cabai yang sudah anda tanam.  Lakukan penyiraman itu setiap pagi dan sore hari.

Penyiraman air di pekarangan anda sebaiknya dengan selang dan air yang diberikan cukup. Serta harus di imbangi dengan penyinaran sinar matahari yang cukup untuk melakukan tumbuh kembang yang seimbang.Pemeliharaan Tanaman Cabai Harian

Pemupukan Cabai berkualitas

Selanjutnya adalah dengan melakukan pemupukan adalah pemeliharaan tanaman cabai harian. Lakukan pemupukan setiap seminggu sekali. Baiknya melakukan pemupukan tersebut menggunakan pupuk kandang dan pupuk kompos.Baca juga Cara Menanam Cabai Merah Komplit

Mengapa harus pupuk kandang dan pupuk kompos karena pupuk inilah tanpa harus mengeluarkan banyak biaya untuk para ibu rumah tangga dan tidak mengandung bahan kimia.

Pengontrolan

Advertisement

Berikutnya adalah dengan melakukan pengontrolan pada setiap harinya. Mengapa harus melakukan pengontrolan. Pengontrolan disini adalah jika seandainya terjadi penyerangan hama yang secara tiba-tiba dan dalam populasi yang banyak.  Itulah salah satu pemeliharaan tanaman cabai yang baik dan benar.

Pembasmian hama

Selanjutnya adalah pembasmian hama yang sering akan anda lakukan. Pembasmian hama ini biasanya dari hama gulma, dan semut.  Biasanya gulma ini akan tumbuh di sela-sela pohon cabai yang anda tanam. Dengan pembasmian hama yang baik dan benar pada setiap harinya adalah salah satu pemeliharaan tanaman cabai yang bagus.Simak juga Cara Menanam Cabai Rawit Panduan Lengkap

Itulah di atas pemeliharaan tanaman cabai ketika cabai sudah tumbuh subur dan berkembang. Berbeda lagi perawatannya ketika tanaman-tanaman cabai anda belum tumbuh subur dan tinggi. Langkah yang harus anda ambil agar tanaman tumbuh subur adalah pemupukan dan penyiraman.

Pemupukan yang tepat agar tanaman-tanaman cabai anda tumbuh subur adalah dengan memberikan pupuk kandang atau kompos dengan air adalah berdasarkan takaran 1:1.

Hal ini yang harus anda perhatikan, takaran dibuat seimbang agar pupuk yang diberikan terserap oleh tanah dan akar cabai. Kandungan humus yang terserap tanah akan disimpan oleh akar dan di buat untuk makanan pada tumbuhan cabai melalui sinar matahari yang cukup.

Pemeliharaan tanaman cabai akan memerlukan waktu yang cukup lama sekitar 2-3 bulan untuk mencapai masa panen. Sehingga untuk para ibu rumah tangga tentunya akan melakukan perawatan secara maksimal agar hasil yang anda inginkan terwujud.

Dengan perawatan harian ini akan menumbuhkan rasa cinta di lingkungan rumah anda sendiri.sekian dan jangan lupa baca artikel selanjutnya Cara Menanam Cabai di Polibag Khusus Pemula

 

Advertisement
Pemeliharaan Tanaman Cabai Harian | admin | 4.5