Perbedaan Kelengkeng Itoh dan Pimpong

Perbedaan Kelengkeng Itoh dan Pimpong – Seperti buah pada umumnya, kelengkeng juga memiliki jenis yang berbeda-beda mulai dari kelengkeng lokal hingga kelengkeng produksi atau kelengkeng non lokal.

Advertisement

Dari kesemua jenis tersebut pastilah memiliki karakteristik tersendiri. Salah satu jenis kelengkeng di Indonesia yang paling digemari adalah jenis kelengkeng itoh dan kelengkeng pingpong. Bagi anda yang sering menanam kelengkeng pastinya tidak asing lagi bukan dengan jenis kelengkeng tersebut.

Lantas, apakah perbedaan kelengkeng itoh dan pimpong ? Perbedaan dari keduanya bisa dilihat dari ciri fisik masing-masing. Jika anda ingin mengetahui perbedaan kelengkeng itoh dan pimpong, mari kita simak bersama ulasan dibawah ini.Perbedaan Kelengkeng Itoh dan Pimpong

Perbedaan Kelengkeng Itoh dan Pimpong

Dimulai dari jenis pingpong terlebih dahulu. Jenis kelengkeng ini masih satu spesies dengan rambutan. Buahnya mengandung banyak zat gizi seperti lemak, protein, serat, kalsium, natrium, besi, kalium, fosfor dan lain-lain. Jika umumnya kelengkeng hidup di dataran tinggi, tidak dengan jenis kelengkeng ini karena bisa hidup di semua tempat termasuk pada dataran rendah.

Perbedaan kelengkeng itoh dan pimpong bisa dilihat dari cirri-ciri tanaman kelengkeng pingpong. Umumnya jenis ini memiliki buah besar seukuran bola pingpong dengan rasa yang manis dan beraroma khas. Pada bagian daunnya berbentuk keriting, menjulang keatas dan terbalik.

Advertisement

Bibit yang berasal dari penyemaian biji bisa berbuah setelah berumur 3 tahun sedangkan yang dari hasil cangkok bisa berbuah dalam waktu 1-2 tahun saja. Tanaman ini cocok di tanam pada tempat yang bersuhu panas, mendapat sinar matahari secara langsung dan bisa dibudidayakan di pot.

Jenis Kelengkeng Itoh

Sedangkan jenis kelengkeng itoh adalah tanaman kelengkeng yang berasal dari Thailand yang penampilannya hampir sama dengan jenis diamond river. Kualitas buah dari jenis termasuk dalam kualitas unggul.

Perbedaan kelengkeng itoh dan pimpong terlihat dari daging buah kelengkeng itoh yang lebih tebal, berasa manis, kadar airnya sedikit dan berbiji tebal. Daun tanaman jenis ini juga tidak keriting dengan warna hijau tua.

Tanaman ini cocok ditanam di dalam pot, hanya saja bibitnya lebih sulit ditemukan dibanding jenis pingpong. Masa berbuah juga hampir sama, jika didapat dari bibit yang disemai dari biji maka membutuhkan waktu berbuah yang lebih lama dibanding dengan bibit dari hasil cangkok.

Itulah perbedaan kelengkeng itoh dan pimpong secara keseluruhan. Pada dasarnya kelengkeng itoh lebih unggul dibandingkan kelengkeng pingpong jika dilihat dari buahnya. Namun karena kelengkeng itoh tidak sepopular kelengkeng pingpong maka untuk pencarian bibitnya lebih sulit.

Perbedaan kelengkeng itoh dan pimpong pada dasarnya hanya pada ciri fisik saja. Mengenai ciri keseluruhan hampir sama yaitu memiliki produktivitas buah yang banyak, bisa ditanam di pot, ukuran tanaman yang tidak terlalu besar serta bisa hidup di semua tempat.

Baca Juga: Jenis Pohon Kelengkeng Bagus dan Unggul

Apapun jenis kelengkengnya semua memiliki rasa yang manis dan lezat, serta yang terpenting adalah cara merawatnya.demikian sedikit ulasan tentang Perbedaan Kelengkeng Itoh dan Pimpong semoga bisa berguna..salam..

 

Advertisement
Perbedaan Kelengkeng Itoh dan Pimpong | admin | 4.5