Teknik Budidaya Mawar Rainbow Dalam Pot

Budidaya mawar arinbaw pot – Dikalangan orang awam, mereka agaknya tidak percaya kalau memang benar ada yang namanya bunga mawar rainbow. Padahal dikalangan penggemar tanaman hias, bunga rainbow sendiri telah menjadi salah satu icon yang paling diminati dan dicari.

Advertisement

Para penggemar tanaman hias sering menyebut mawar rainbow sebagai bunga mawar pelangi. Hal ini jelas karena warna-warnanya yang sangat menarik.

Warna yang terdapat pada bunga mawar rainbow memiliki perpaduan warna yang indah dan hampir menyerupai warna pelangi.Teknik Budidaya Mawar Rainbow Dalam Pot

Mawar rainbow pertama kali ditemukan oleh seorang ahli yang berasal dari negara Belanda dan bernama Van de Werken. Untuk bisa mendapatkan bunga mawar rainbow yang indah, Van de Werken melakukan persilangan berbagai macam warna bunga mawar.

Apabila Anda ingin membudidayakan mawar rainbow, saat ini tidak perlu khawatir lagi karena sekarang di toko-toko tanaman hias banyak yang menjual benih bunga mawar rainbow.

Ketika menanam benih mawar rainbow, terdapat beberapa hal yang harus diperhatikan yaitu terkait media tanam dan juga pengairannya.

Untuk media tanamnya, tanah yang digunakan untuk menanam benih mawar rainbow yaitu tanah berhumus serta didukung pula dengan pengairan yang cukup.

Jika Anda menanam benih bunga mawar rainbow di tanah yang terlalu berpasir atau terlalu gembur, sudah dipastikan tanaman tersebut tidak akan tumbuh subur.

Bukan hanya media tanam dan pengairan saja yang diperhatikan, sinar matahari yang diperlukan oleh mawar rainbow ini juga harus diperhatikan.

Bunga mawar rainbow akan tumbuh subur dan rajin berbunga jika sinar matahari yang diperoleh cukup. Setelah semua sudah tersedia, yang perlu diperhatikan yaitu proses penanaman benihnya.

Advertisement

Bagi petani tanaman hias, proses penanaman benih tanaman bisa menentukan bagaimana pertumbuhannya yaitu antara baik dan tidak.

Berikut ini akan dijelaskan bagaimana cara menanam benih bunga mawar rainbow:

  1. Rendam terlebih dahulu biji mawar rainbow selama 24 jam menggunakan air murni (air mineral)

  2. Siapkan media tanamnya bisa berupa pot kecil yang terdapat lubang drainasenya atau polybag kecil berukuran 6cm x 7cm dan isi dengan tanah yang berhumus. Masukkan biji dari mawar rainbow ke tanah dengan kedalaman kira-kira 1,5 cm (1/2 inchi). Jika pada pot kecil terdapat tatakan air, maka tatakan tersebut jangan digunakan dan ditaruh di bawah pot.

  3. Taburkan sedikit biji mawar rainbow ke dalam polybag kecil atau pot kecil yang digunakan sebagai tempat penyemaian benih. Langkah ini dilakukan untuk menghindari timbulnya penyakit tanaman dan biasanya dihinggapi penyakit yang sering menyerang benih muda.

  4. Dengan menggunakan sprayer, siramlah biji dari mawar rainbow yang sebelumnya sudah ditanam

  5. Setelah selesai disiram, pindahkan pot kecil atau polybag tadi di area yang terkena sinar matahari secara langsung. Untuk menjaga kelembapannya, tetap sirami tanaman tersebut jangan sampai pot kekeringan

  6. Biji mawar akan mulai berkecambah sekitar 6 minggu kemudian. Jika cuacanya berubah menjadi hangat atau panas, biji dari mawar rainbow tidak akan berhenti berkecambah.

  7. Apabila tanaman mawar rainbow mulai tumbuh sekitar 7,5cm – 10cm (3 – 4 inchi), tanaman tersebut bisa dipindahkan ke dalam pot yang lebih besar.

Dengan teknik penanaman dan perawatan yang tepat, biji mawar rainbow anda akan tumbuh dengan subur dan cantik.

Advertisement
Teknik Budidaya Mawar Rainbow Dalam Pot | admin | 4.5