Teknik Merawat Bunga Mawar Dengan Benar

Merawat tanaman hias bunga mawar – Bunga mawar seringkali disebut sebagai ratunya bunga, hal ini tak mengherankan mengingat bentuk kelopak bunga mawar yang indah serta aromanya yang sangat khas. Faktor lain yang membuat bunga mawar sebagai primadona bunga adalah varian warnanya yang sangat cantik.

Advertisement

Karena pesonanya, bunga berduri ini sering dijadikan sebagai penghias taman di rumah. Tentunya jika anda ingin nilai estetika bunga mawar dapat melengkapi keindahan taman anda dengan sempurna, perawatan bunga mawar harus dilakukan dengan benar.

Teknik merawat bunga mawar bisa menjadi sangat sulit jika anda belum mengetahui ilmunya. Bisa jadi anda hanya akan menyiram tanaman mawar anda 2 kali dalam sehari yaitu pagi hari dan sore hari. Padahal cara merawat bunga mawar seperti ini tak sepenuhnya benar.

Cara merawat bunga mawar yang benar adalah dengan memperhatikan nutrisinya, yaitu memberikan pupuk secara rutin (1 hingga 2 kali dalam 1 bulan).Teknik Merawat Bunga Mawar Dengan Benar

Pupuk yang paling sesuai degan bunga mawar adalah pupuk kompos atau pupuk kandang, namun jika anda ingin menggunakan pupuk pabrikan anda bisa menggunakan pupuk NPK.

Anda juga harus memperhatikan  penyinaran bunga mawar anda. Bunga mawar tak bisa tekena matahari secara langsung, namun seperti halnya tanaman lain bunga mawar juga masih membutuhkan sinar matahari untuk melakukan fotosintesis. Untuk itu letakkan bunga mawar di tempat yang sejuk namun masih terjangkau oleh paparan sinar matahari.

Advertisement

Cara merawat bunga mawar lainnya yang harus anda lakukan secara rutin adalah dengan melakukan pemotongan. Meskipun terdengar kejam, pemotongan batang bunga yang telah kering akan membuat bunga kesayangan anda lebih cepat tumbuh dan berbunga kembali.

Potonglah juga daun yang menghitam, karena daun dengan bintik hitam adalah daun yang mengandung jamur. Jika tak segera dipotong jamur dapat menyebar keseluruh tanaman dan membuat tanaman anda mengering.

Pastikan juga nada membersihkan gulma disekitar media tanam. Cabutlah rumput atau tanaman kecil lainnya secara rutin agar nutrisi yang anda berikan untuk bunga mawar tak terserap oleh tanaman lainnya. Cara merawat bunga mawar yang terakhir adalah teknik penyiraman.

Sperti yang telah disebutkan sebelumnya, cara menyiram bungan mawar tak sebatas pada menyiraminya secara rutin 2 kali sehari, tetapi harus memperhatikan faktor lingkungan.

Misalkan, jika cuaca sedang terik anda bisa menyiram bunga mawar 2 kali sehari, namun jika suasana tak begitu panas cukup siram 1 kali saja saat pagi hari.

Jika hujan tiba, anda tak perlu menyiram bunga mawar, namun sebagai gantinya siramlah seluruh bagian tanaman mawar mulai dari daun, batang hingga bunga untuk membersihkan sisa air hujan yang dapat merusak bunga.

Itulah cara merawat bunga mawar yang harus diketahui. Setelah mengetahui ilmunya, merawat bunga mawar tidaklah sulit bukan? Kini anda bisa membuat tanaman mawar anda tubuh subur dan berbunga setiap waktu.

 

Advertisement
Teknik Merawat Bunga Mawar Dengan Benar | admin | 4.5