Tips Agar Tanaman Hias Sehat Bebas Pestisida

Tips Agar Tanaman Hias Sehat Bebas Pestisida – Salah satu tanaman yang semakin banyak dijumpai sebagai pilihan favorit adalah tanaman hias yang kini tak hanya bisa tumbuh subur pada lahan yang luas namun juga bisa tumbuh baik didalam ruangan dengan menggunakan media tanam berupa pot ataupun yang lainnya.

Advertisement

Tanaman hias ini memang difungsikan bukan hanya sekedar untuk menyegarkan udara ruangan namun juga sebagai hiasan ruangan agar nampak lebih hidup dan terkesan indah nan alami.

Salah satu tanaman hias yang mudah dijumpai adalah bunga anggrek yang terbilang mulai langka pada sejumlah daerah.

Hal itu dikarenakan bunga anggrek membutuhkan perawatan yang serius baik dari segi media tanam ataupun kondisi cuaca lingkungan.Tips Agar Tanaman Hias Sehat Bebas Pestisida

Seperti yang diketahui tanaman yang sehat adalah tanaman yang bebas pestisida, begitupun dengan bunga aggrek yang akan tumbuh lebih baik jika dihindarkan dari penggunaan bahan kimia. Untuk mendapatkan hal tersebut perhatikan tips agar tanaman hias sehat bebas pestisida sebagai berikut :

Lokasi Suhu Serta Kelembapan

Bunga anggrek akan tumbuh dengan baik pada kondisi cuaca dengan suhu sekitar 15 hingga 35 derajat celcius. Selain itu sirkulasi udara pada tempat penanaman juga harus baik serta memiliki kelembapan udara sekitar 65 hingg 70 persen.

Advertisement

Cahaya Matahari

Tanaman hias ini tak boleh menjalin kontak langsung dengan sinar matahari, namun tidak masalah jika sinar matahari pada sekitar jam 7 hingga sembilan pagi.

Namun juga tidak boleh kekurangan sinar matahari sebab dapat mengakibatkan bunga menjadi kurus dengan bentuk daun yang kecil dan panjang. Bunga anggrek ini akan tumbuh baik jika digantung pada pohon yang rindang dan sejuk.

Penyiraman

Untuk penyiraman sendiri sebanrnya tidak ada batasan seberapa sring harus dilakukan. Namun untuk lebih memudahkan dalam mengetahui bunga anggrek sudah membutuhkan penyiraman atau belum dapat diamati dari kondisi media tanamnya.

Penyiraman sebaiknya menggunakan alat semprot dan usahakan untuk air yang digunakan tidak tercampur dengan kaporit maupun bahan kimia lainnya, cukup menggunakan air yang bersih.

Untuk anggrek muda penyiraman harus dilakukan sehari sekali sementara yang sudah tua cukup dua kali sehari.

Pemupukan

Bunga anggrek juga tetap membutuhkan pemupukan agar bunga dapat tumbuh subur dan berbunga. Namun akan lebih baik jika pemupukan tersebut dengan menggunakan pupuk alami bukan dari bahan pestisida agar kealamian bunga tetap terjaga. Pemupukan ini dapat dilakukan sebanyak sekali dalam satu minggu.

Media Tanam

Media tanam yang baik untuk bunga anggrek adalah media tanam yang tidak mudah lapuk, mengandung banyak unsur hara, tidak dari media yang menjadi sarang penyakit, serta dengan sirkulasi udara yang baik.

Demikian beberapa tips agar tanaman hias sehat bebas pestisida yang bisa disampaikan semoga memberikan manfaat. Terus semangat dan rawatlah bunga anggrek anda dengan serius dan selalu perhatikan kondisi tanaman tersebut.

 

Advertisement
Tips Agar Tanaman Hias Sehat Bebas Pestisida | admin | 4.5