Tips Membudidayakan Bunga Mawar

Budidaya bunga mawar-Bunga mawar semakin hari semakin populer dan menjadi satu dari banyak bunga terfavorit diberbagai daerah. Itulah mengapa bunga banyak orang yang tertarik dalam hal budidaya bunga mawar.

Advertisement

Simbol yang dimiliki oleh bunga cantik ini sangatlah beragam seperti sebagai ungkapan kasih sayang, cinta, ucapan terima kasih dan perwakilan perasaan lainnya.

Disamping itu, bunga mawar ini juga menjadi hiasan indah dalam beragam jenis acara seperti pernikahan, ulang tahun dan semacamnya.Tips Membudidayakan Bunga Mawar

Budidaya bunga mawar yang khas ditaman bunga yang memang sengaja dirawat sering sekali dikunjungi oleh wisatawan pecinta bunga, hal ini membuktikan bahwa budidaya bunga mawar juga memiliki peluang yang bagus baik mengambil manfaatnya seperti kesehatan dan kecantikan maupun sebagai bisnis.

Manfaatnya untuk kesehatan dan kecantikan diantaranya adalah untuk membantu menghilangkan jaerawat, sebagai aroma terapi, merawat dan menjaga kesehatan rambut, meningkatkan kolagen, mengobati luka bakar, dan lainnya. Sedangkan untuk bisnis adalah untuk dijual, pembutan rekreasi wisata taman bunga dan untuk disewakan.

Budidaya bunga mawar bisa dilakukan dengan mudah baik dipot ataupun dilahan khusus baik secara menana biji, cangkok, stek, okulasi dan penyambungan.

Untuk mencoba melakukan budidaya bunga mawar tidaklah sesusah yang kita kira dengan catatan kita mengetahui teknik budidaya bunga mawar dengan benar.

Dengan membudidayakan bunga tersebut dengan benar maka bunga mawar dapat tumbuh subur dan indah. Inilah tips yang bisa anda andalkan untuk membudidayakan tanaman bunga cantik bernama mawar:

Advertisement

Pilih bibit dengan benih mawar yang bagus

Pemilihan bibit dengan benih bunga mawar yang bagus sebaiknya sesuaikan dengan keinginan dan kebutuhan. Pilih juga benih warna bunga mawar dengan warna yang anda inginkan.

Lakukan di lokasi tanam ideal

Lokasi tanam yang ideal adalah pada lokasi yang tidak banyak terkena terpaan angin, bersih dari rerumputan liar dan tidak terhampar langsung oleh panas matahari berkepanjangan.

Pilih tanah yang subur untuk menanam

Tanah yang subur tersebut kemudian beri pupuk seperti pupuk berjenis kopos. Tanaman bunga ini tidak menyukai medan tanah yang terlalu banyak digenangi air.

Hindari menanamnya secara sembarangan

Apabila anda menanam bunga mawar tersebut didalam pot maka hindari membiarkan pot digenangi oleh air, oleh sebab itu lubangi 3-4 lubang agar jika pot tersebut terkena air maka air bisa keluar melalui lubang itu.

Berilah dasar pot dengan pecahan bata, pecahan genteng atau pecahan arang secukupnya baru isi dengan campuran pupuk dan tanah.

Beri jarak tanam

Apabila mawar tersebut anda tanam dikebun maka berilah jarak antara satu tanaman dengan tanaman lainnya. Untuk mawar rambat berilah jarak antara 1-2 meter, sedangkan untuk mawar potong maka berilaj jarak sekitar 50 cm.

Siram secara teratur

Agar tanaman mawar semakin tumbuh dengan baik dan indah maka siramlah secara teratur setiap pagi dan sore hari. Bersihkan pula dari gulma dan pangkas daun atau dahan yang layu.

Selamat mencoba tips membudidayakan tanaman bunga mawar seperti langkah-langkah yang telah dipaparkan tadi dan tunggu sampai tanaman mawar anda dapat tumbuh dengan subur serta berbunga dengan indahnya.

Advertisement
Tips Membudidayakan Bunga Mawar | admin | 4.5