Tips Merawat Tanaman Pucuk Merah

Tips Merawat Tanaman Pucuk Merah – Syzygium oleana nama latin dari si cantik pucuk merah. Sesuai namanya, tanaman ini memiliki warna kemerahan pada bagian pucuknya. Tanaman pucuk merah ini saat ini begitu populer Indonesia. Mungkin sekilas tanaman ini akan tampak seperti tanaman cengkeh.

Advertisement

Tanaman tropis ini memiliki masa hidup hingga puluhan tahun dengan tinggi mencapai tujuh meter. Kecantikan tanaman ini juga memerlukan perhatian. Merawat tanaman pucuk merah memerlukan kecermatan agar tanaman tersebut dapat tumbuh subur, serta tetap terjaga keindahan pucuknya yang memerah.Tips Merawat Tanaman Pucuk Merah

Ketika Anda memiliki tanaman pucuk merah di pekarangan rumah maka harus merawat tanaman pucuk merah tersebut dengan baik serta benar. Berikut ini ada beberapa tips untuk merawat tanaman pucuk merah agar tetap tumbuh subur dan kian merona.

Pemilihan media tanam

Salah satu tips merawat tanaman pucuk merah adalah dengan memperhatikan media tanamnya. Tanaman pucuk merah merupakan tanaman yang memiliki potensi untuk dapat tumbuh besar. Sehingga sebaiknya ditanam pada lahan yang luas, maksudnya bukan dalam pot.

Bila tetap menginginkan menanam tanaman pucuk merah dalam pot maka harus diperhatikan dengan cermat. Jika tanaman sudah tampak besar maka segera lakukan penggantian pot dengan ukuran yang lebih besar.

Advertisement

Salah satu cara merawat tanaman pucuk merah pada lahan atau pekarangan maka harus dibuat berjarak sekitar 50 hingga 150cm antara tanaman pucuk merah yang satu dengan lainnya.

Paparan sinar matahari

Untuk mendapatkan pertumbuhan yang maksimal dan warna yang merona pada pucuk tanaman secara merata maka salah satu cara merawat tanaman pucuk merah ini dengan memperhatikan paparan sinar matahari yang mengenai tanaman tersebut.

Maka sebaiknya tempatkan tanaman pucuk merah pada area yang terkena paparan sinar matahari langsung untuk menghasilkan tunas serta daun yang berwarna merah.

Pemotesan dan pemangkasan

Untuk menghasilkan pucuk baru yang memiliki warna indah, maka cara merawat tanaman pucuk merah ini perlu dilakukan pemotesan. Pemotesan ini dilakukan pada daun-daun yang sudah tua, lakukan pemotesan tepat pada bagian ruas cabang.

Hal ini dimaksudkan agar pertumbuhan tunas baru pada bagian yang dipotes lebih cepat. Pemotesan dapat Anda lakukan sekali dalam jangka dua minggu.

Sedangkan untuk mendapatkan bentuk tajuk yang indah pada tanaman pucuk merah, maka dapat dilakukan pemangkasan secara berkala, sekali dalam kurun waktu 2 hingga 3 bulan.

Penyiraman dan pemupukan

Melakukan penyiraman secara rutin setiap pagi dan sore merupakan bagian dari merawat tanaman pucuk merah.

Hal ini untuk menjaga kesuburan dan pertumbuhan pucuk merah menjadi baik. Selain menyiram secara rutin, juga harus dilakukan pemupukan secara berkala minimal sekali dalam dua bulan.

Merawat tanaman pucuk merah sebenarnya mudah dilakukan siapa saja, hanya butuh ketelitian dan ketelatenan dalam merawat tanaman tersebut. Agar tanaman tersebut dapat tumbuh dengan subur dan tampak semakin indah.

 

Advertisement
Tips Merawat Tanaman Pucuk Merah | admin | 4.5